Sabtu, 15 Maret 2014

Selangkah Lebih Maju-14 Maret 2014

Seminar proposal, 14 Maret 2014
Sejak menyandang status sebagai "mahasiswa tingkat akhir", entah mengapa saya melihat perubahan yang sangat pesat di dunia ini. Saya merasa semua orang menjelma menjadi mahasiswa tingkat akhir, yang sibuk membahas skripsweet. Iya, semua mahasiswa juga ibu-ibu, bapak-bapak, tante-tante, adik-adik, semuanya menjelma menjadi monster yang mengerikan. 

Di angkutan umum alias pete-pete saja, tidak jarang saya menemui mahasiswa yang membahas suka duka dunia per-skripsi-an. Mulai dari kedongkolannya pada dosen pembimbing yang sibuk mem-PHP-kan mereka, atau proposal yang tidak kunjung di-acc, kesibukan mengurusi surat penelitian untuk instansi terkait, sibuk mencari referensi, belum dapat judul, sibuk menyiapkan kebaya untuk wisuda, bahkan yang hanya sibuk menanyai temannya dengan pertanyaan sejuta ummat 'Jadi kapan sarjana?"

Di kampus apalagi, dalam sehari, sejak menyandang status ini, tidak pernah dalam sehari pun tidak ada pertanyaan seputar skripsweet. Sweet skali memang, itu tandanya mereka peduli. Semoga. Namun, mungkin juga sebab mereka sudah sangat menginginkan saya untuk lekas melangkahkan kaki keluar dari kampus. Bencikah? Sayangkah? keduanya memang kadang sulit untuk dibedakan, begitu kata orangg-orang.

Bahkan di kosan sekalipun, melihat buku-buku yang seringkali berhamburan di lantai kamar, rasanya dunia ini hanya untuk skripsi semata. Buku yang lain yang tidak berhubungan dengan skripsi dianaktirikan dahulu. 

Melarikan diri ke dunia maya, malah lebih parah, status dan kicauan tentang skripsi berhamburan dimana-mana. Ke blog juga sama saja, bukan hanya saya yang sering curhat tentang skripsi di blog, pemirsa. Tapi yang satu ini saya merasa senang. Menemukan teman segalau, itu rasanya sesuatu. ^^

Mau kemana lagi? Menghindar ke mall dan pasar terong sekalipun, jangan harap bisa lolos dari "mereka". Sepertinya dunia memang sudah diserang wabah keren ini. Dimana lagi tempat yang tidak ada teror skripsweetnya? Katakan, teman!

Memang, teror besar buat mahasiswa tingkat akhir itu satu, adanya pertanyaan ini "Kapan sarjana?"
Namun, terima kasih untuk teror-terornya kalian. Di satu sisi, saya merasa tertekan dengan pertanyaan yang sama, tidak begitu tertekan juga, mungkin lebih tepatnya bosan dan bingung harus menjawabnya seperti apa, yang pada akhirnya hanya dijawab "doakan saja yang terbaik". Di sisi lain, saya merasa terpacu untuk menyelesaikannya lebih cepat. 

Dan yah, 14 Maret kemarin, rasanya satu tali terlepas sudah ikatannya. Gerak semakin bebas. Penelitian sudah bisa dieksekusi. Menjawab teror pertanyaan orang-orang sudah bisa sedikit "menyombongkan" diri. heheee ^^
Terima kasih yang amat banyak pada kalian semua yang sudah mendukung dan mendoakan. Semoga segala urusan dimudahkan hingga pada hari yang telah ditentukan. ^^
Selamat yaa, Blogger Manis.

28 komentar:

  1. Tahun di judulnya serem yaa, agak futuristik hehe. Edit gih :p

    Gitu ya, tiap kali udah semester akhir, pertanyaannya nggak jauh dari "Kapan wisuda?" dan "Kapan jadi sarjana?" Tapi bagus sih, selama pertanyaan itu memotivasi diri biar cepet lulus kuliah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaaaa.. untungnya kamu ngasih tau.. serem beud jadinya kalo pake 20014.. ^^

      yuuupp.. ditunggu aja.. kalo udah masuk semester akhir jga nanti ngerasain sndri teror2 kayak gitu :)

      Hapus
  2. Waahh lagi skripsi ceritanya kak? Jeng jeng jeng... Masa-masa sulit nih. Tapi itu penelitian udah dieksekusi maksudnya udah bisa jalan ya penelitiannya? Alhamdulillah.

    Semangat kak! Semoga urusan skripsinya dimudahkan, dilancarkan, dosen pembimbing nggak rewel, dikasih masukan yang bermanfaat, dan yaaa semoga hasilnya memuaskan juga. Sebanding dg usaha yg udah dijalani. Aamiin:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , maksudnya udah bisa jalan, dek ^^

      aamiin, aamiin, ya Allah.. makasih doanya dwi :)

      Hapus
  3. wewww sama nih sama aku, belum juga di acc nih, itu waahh itu ujian proposal ya, selamat udah selangkah maju, semoga dimudahkan, aku juga , amiiinnn,,, hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..
      smangat ya Iva.. segera nyusul ujian proposalnya ^^

      Hapus
  4. hehe skripsweet atau skripshit kak? segitukah sulitnya ya kak mahasiswa lepas dari teror skripsi? saya yang sebentar lagi lulus SMA aja malah pengen cepet-cepet kuliah dan pengen ngerasain bagaimana manisnya skripsweet atau malah pahitnya skripshit hehe.

    btw semangat terus ya kak, jangan lupa berdoa. semoga makin dipermudah jalannya sama Allah. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah skripsweet. tenanglah, semua akan indah pada waktunya. :)

      nanti juga ngerasain sendiri. ^^
      aamiin, aamiin. makasih yaa Reyza.

      Hapus
  5. Ideeeem sama reyzaaaa (y)
    Aku juga senin depan nih, ha min dua dari sekarang, mau uas.. terus minggu depannya to, minggu lusanya to, minggu lusanya lagi, ujian nasional (-"-) omaygat!!! (/.\)

    Semangat yaa, kak, yaa :3
    Semoga dilancar-sukseskan segala pinta dan angannyaaa ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, aamiin. makasih dek. :)

      Kalian jga, semoga ujiannya dilancarkan ^^

      Hapus
  6. pete-pete? pasar terong? kakak orang makassar ya? *salah fokus* saya juga sering lihat kakak tingkat yg dibuat galau sama skripsi, dan berharap besok jika tiba saatnya saya ga segalau mereka *hope* semoga lancar kakak cepat wisuda ya kakak

    BalasHapus
  7. yuup.. bener banget.. :) kok tau?
    iya kalo kamu anaknya tegar, tenang saja paling galaunya cuma dikit. ^^ heheee

    aamiin..

    BalasHapus
  8. wah..
    semangat terus ya kak isma ,..
    sukses buat skripsinya.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya dek.. ^^
      Smangat itu ga boleh luntur sampai titik darah penghabisan.. hheee

      Makasih yaaa dewii :)

      Hapus
  9. Wiih kak udah menjadi mahasiswa tingkat akhir. Berkutat sama skirpshit. Heran juga kenapa kakak bisa bilang skripsweet? Sweet darimana eh? --"

    Semangat yaak kak. Moga lancar, di permudahkan, PA nya bener-bener jadi pembimbing, cepet kelar deh pokoke. Doakan gue nyusul ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hheeee.. sy emang lebih senang mensugestikan sesuatu agar lbh baik pada banyak hal, termasuk skripsi, caecil.. ^^

      Itu biar semesta "mengaminkan". Toh bagaimanapun pda akhirnya akan sweet jga, mskipun dgn segala embel2 suka duka selama proses penyelesaiannya..

      Aamiin, aamiin makasih doa kalian semua.. semakin banyak yg mndoakan insya Allah akan semakin dimudahkan :)
      Iyaaa, segera nyusul, caecil., semoga nntiny jga skripsweet bukan skripshit ^^

      Hapus
    2. bener juga. Guru BK gue waktu sekolah dulu juga bilang jangan mensugestikan sesuatu hal selalu yang buruk, karena kalo udah sugesnya begitu, pasti bakal buruk juga. Suges musti yang baik, biar ngejalani enjoy dan gak terbebani. Hanya saja, tiap sugest begini, guenya malah ngerasain gak enak. Kan bayanginya enak gitu.

      Iya bener. Nantinya bakal jadi sweet yaaa.

      iya amiiin amin.
      Hehe moga ya kak

      Hapus
    3. ahahahaaa..
      yaaa pokoknya yg penting ttp smangat aja..

      jgn sampai cobaan membuat terpuruk sampai akhirnya tuh skripsi ga jalan2..
      smangat yaa caecil :)

      Hapus
  10. hhm seru bgt ya masa2 menjadi mahasiswa kyk loe mi,,selangkah lagi menuju gerbang kesuksesan sbg anak muda yg mau selesai wisuda n menyandang gelar sarjana.smoga yg diinginkan setelah wisuda tercapai ya sob,,salam kenal deh dari gue J

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,

      salam kenal jga julian ^^

      Hapus
  11. Wah, semangat ya kak ngerjain skripsinya :) Semoga lancar dan diberi kemudahan. Amin~

    BalasHapus
  12. gue udah pernah ngerasain perihnya skripsi dan pedihnya bimbingan sama dosen..
    emang rasanya nyiksa banget, tapi suatu saat kita bakalan kangen dengan keluhan-keluhan itu..

    selamat berjuang buat skripsinya yak...
    walopun nyiksa dibikin nikmat aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaaa,, kyaknya bang edotz salah satu korban skripshit nih, bukannya skripsweet .. perih banget kayaknya.. -____-
      yg penting endingnya sweet jga..

      waaah, sejauh ini sy baru ngerasain sdkit sensasinya..
      smoga ga separah itu..
      makasih bang :)

      Hapus
  13. selamattt ya cc Ismi..aku juga udah pernah ngerasaain betapa beratnya hidup di puncak masa kuliaaaah..tapi akhirnya, saat toga udah menyelimuti badan dan pak rektorr berdiri di hadapan, lalu happp!! tuh tali topi dipindahkan, buseeetttt daaaaaaaaaaaaahhh..rasanyaa cc....dahsyatttt!!! selamattt, ayo cepetan wisudaaaa! :D salam kenal juga ya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. zzzzzz jadi ga sabar ^^

      iya ini emang lagi kejar tayang mbak. moga kesampaian targetnya :)
      salamkenal jga mbak meykke..

      Hapus